Minggu, 08 April 2012

Tugas Teori Organisasi Umum 2 (2)

Soal:

1. Apakah yang dimaksud dengan ongkir ? dan sebutkan macam-macam ongkir serta jelaskan (reg, oke, yes) !
2. Apakah yang dimaksud dengan pasar ? mengapa dinamakan pasar senen, pasar rebo, pasar minggu, pasar kamis ?
3. Apakah yang dimaksud dengan pendapatan nasional ? Jelaskan mengenai masalah dan keterbatasan pendapatan domestic bruto !
4. Apakah yang dimaksud dengan konsumsi, tabungan dan investasi ? Jelaskan mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran !
5. Apakah yang dimaksud dengan jasa rekber ? Dan apakah yang dimaksud dengan kebijakan seller dan kebijakan buyer ?

Jawaban:

1.Yang di maksud dengan ongkir ada laha biaya pengiriman barang atau biasa di sebut ongkos kirim...

macam-macam ongkir:
a. Total fixed cost ( ongkos total tetap )
yaitu jumlah ongkos yang tetap dan tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi.
b. Total variable cost (ongkos variable total)
yaitu jumlah ongkos yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkat yang dihasilkan
c. Total cost (ongkos total )
yaitu penjumlahan ongkos total tetap dengan orkos variable.

2.Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang

mengapa dinamakan pasar senen, pasar rebo, pasar minggu, pasar kamis karena pada jaman dahulu pasar-pasar tersebut hanya buka pada saat hari-hari tertentu namun sekarang pasar tersebut telah buka setiap hari

3.Pendapatan nasional

adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi selama satu tahun.Masalah PDB, permasalahan PDB terletak pada pembandingan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun , akan terjadi bias jika kita salah menggunakan perhitungan PDB .

Keterbatasan Perhitungan PDB
PDB tidak memasukan memasukan transaksi yang terjadi pada “underground economy” (perekonomian bawah tanah). Perekonomian seperti sektor informal atau sektor illegal seperti penjualan narkoba , dan sektor lain yang sulit tercatat oleh negara tidak masuk dalam perhitungan PDB . Ini menyebabkan nilai PDB cenderung dapat undervalued (lebih rendah) dari yang seharusnya .

4.Konsumsi merupakan tindakan pelaku ekonomi, baik individu maupun kelompok, dalam menggunakan komoditas berupa barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhannya

Tabungan : bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk dikonsumsi.
Investasa : pembelian dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan dating.

Pertumbuhan ekonomi : proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Inflasi: suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerusberkaitan dengan mekanisme mekanisme pasar yang disebabbkan oleh berbagai faktor.

Pengangguran : orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari kerja yang layak untuknya.

5.Uang : alat tukar yang dapat diterima secara umum dalam proses pertukaran barang dan jasa. Bank : sebuah lembaga intermediasi keuangan dengan kewenangan untuk menerima penyimpanan uang,meminjam uang,dan menerima promes atau yang dikenal senbagai banknote.

Kebijakan moneter : proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu; seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuh atau lebih sejahtera.

Kebijakan fiskal : kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar